Muhammad Ulul Fauzi Mahasiswa Fakultas keguruan dan Ilmu pendidikan tingkat semester lima program studi pendidikan matematika. Nampaknya tengah berbangga diri karena telah berhasil meraih silver medal dalam ajang karya Tulis Ilmiah di Korea Selatan pada 1 Agustus 2018 . Ulul sapaan akrabnya bersama dosen pembimbing Nurul Imamah M.Si berhasil menciptkan karya ilmiah baru dibidang pendidikan berjudul MAKSUM As A Tool Improves Learning Stimulation Multiplication Numbers 6 To 10 In The Students In 7th Grade Of Junior High School. Judul karya ilmiah ini lolos dalam KTI WICO (World Invention Creativity Olympic) 2018 di korea selatan, dimana itu masuk dalam bidang educational item.

“MAKSUM As A Tool Improves Learning Stimulation Itu adalah judul yg saya angkat dalam Dalam KTI ini, saya mengembangkan metode perkalian jarimatika angka 6 sampai 10 yang biasanya diajarkan pada anak2, kelas VII SMP itu masuk dalam kategori anak, karena kebanyakan dari mereka berusia 12 tahun”. Jelas Muhammad Ulul Fauzi.

Dalam penjelasan lain Ulul Fauzi mengatakan protype yang dia presentsaikan bernama MAKSUM (Mainan Anak perkalian Semangat Untuk Menghitung) atau dalam bahasa Inggrisnya a prop for counting multiplicaton. Dalam perlombaan berlangsung, 2 orang juri beserta staf penerjemah juri (bahasa Inggris ke bahasa korea) para juri datang langsung ke tempat masing2 peserta lomba atau disebut juga dengan stand presentation, kemudian saya menjelaskan dengan durasi presentasi maksimal 10 menit secara singkat dan padat. Kemudian barulah diberitahu tentang hasil yang diperoleh kepada masing masing peserta.

Dalam KTI WICO (World Invention Creativity Olympic) 2018 di korea selatan, diikuti 20 Negara peserta seperti Korea Selatan, USA, Malaysia, Thailand, Macau, Taiwan, Cina, Vietnam, India, Mesir, dll. Adapun jumlah timnya ada 256 tim dari seluruh negara. “Dalam kesuksesan ini, tak luput dari civitas Unmuh Jember terutama para dosen pembimbing yang membantu saya dalam hal persiapan seperti mentoring presentasi menggunakan bahasa inggris sendiri dan beberapa kali disuruh untuk presentasi di depan kelas atau dosen-dosen FKIP matematika” Jelas Ulul Fauzi.

Untuk dapat lolos dalam KTI ini ada beberapa tahapan yang harus dilakukan pada setiap negara telah ada panitia penyeleksi tersendiri, seperti korea bernama KUIA, canada dan USA ada TISIAS, sedangkan di Taiwan ada WIIPA, dan Indonesia ada INNOPA, dari indonesia ada 70 tim yg daftar dan yg lolos ke korea selatan ada 20 tim. “Kedepannya saya akan kembangkan KTI ini menjadi jurnal dan saya akan berusaha untuk bisa terbit ke Google Scholar, dan dari pengalaman ini saya bisa menambah poin utk seleksi beasiswa LPDP LN, karena saya mau langsung lanjut S2 di New Zealand, dengan bekal kti ini, saya bisa memperdalam berbagai literatur khususnya di bidang pedagogi, karena itu keahlian saya”, harap Ulul Fauzi. “karena keberhasilan itu prosesnya panjang dan melelahkan, banyak orang hanya melihat pada hasil akhir saja dan tidak tahu prosesnya” Imbuhnya.

Perguruan Tinggi Muhammadiyah ingin mengadakan kegiatan internasionalisasi, salah satu programnya adalah KKN dan PPL di Thailand. UNMUH Jember sudah menjalankan program magang ke Thailand selama 6 periode pemberangkatan. Tujuan kegiatan itu adalah agar memberikan wawasan baru kepada mahasiswa bahwasannya ada hal yang harus mereka lakukan dan mereka ketahui selain kondisi yang ada di Indonesia sendiri dengan mencoba melakukan kegiatan PPL dan KKN di luar negeri. Mahasiswa yang di berangkatkan ke Thailand harus memenuhi beberapa syarat yaitu julah SKS lebih dari 110 SKS sebagai prasyarat mereka mengikuti KKN, Nilai akademis harus di atas 3,00 sebagai prasyarat mereka masuk dalam kategori orang yang layak dan mampu untuk bisa melakukan aktifitas kegiatan magang ke Thailand dan menghendle kegiatan disana, kemampuan Bahasa Inggris dan Bahasa Arab dan juga Bahasa Indonesia, kemampuan membaca Al – Qur’an. Ada beberapa proses yang harus di ikuti mahasiswa untuk magang ke Thailand yaitu seleksi administratif dan seleksi interview, di dalam interview mahasiswa di uji kemampuan Bahasa, micro teaching dan leadership, setelah mahasiswa lolos dan memenuhi syarat,Mahasiswa di berikan pelatihan untuk melatih kemampuan. Setelah melalui prosedur proses seleksi, mahasiswa harus mengikuti pelatihan, dan harus memiliki pasport kemudian universitas mensuport dan menfasilitasi dengan visa, serta akomodasi keberangkatan sampai ke Bandara Juanda di suport oleh UNMUH Jember.(ZA)

 

Formulir Data Alumni

 

Formulir Data Alumni

* Wajib
Nama Lengkap *
 
Ini pertanyaan yang wajib diisi
NIM
 
Ini pertanyaan yang wajib diisi
Alamat *
 
Ini pertanyaan yang wajib diisi
No Handphone *
 
Ini pertanyaan yang wajib diisi
Email *
 
Ini pertanyaan yang wajib diisi
Tanggal Lahir *
Ini pertanyaan yang wajib diisi
Angkatan Tahun
 
Ini pertanyaan yang wajib diisi
Tahun Lulus
 
Ini pertanyaan yang wajib diisi
Pekerjaan sekarang
 
Ini pertanyaan yang wajib diisi
Kritik dan Saran untuk Prodi Pend. Matematika
 
Ini pertanyaan yang wajib diisi
 
 
Edit formulir ini

Mengakhiri pembelajaran semester genap tahun 2015/2016, Program Studi Biologi FKIP Unmuh Jember menggelar pameran produk hasil kreativitas. Pameran tersebut merupakan produk yang dibuat oleh mahasiswa pendidikan biologi FKIP Unmuh Jember yang menempuh mata kuliah Kewirausahaan Berbasis Biologi. Tema pameran kali ini bertemakan Mengganli Produk Kreatif Mahasiswa berupa: 1) makanan dan minuman sehat, 2) desain baju etnik, 3) jasa print dan cetak berbasis android. Mata kuliah Kewirausahaan Berbasis Biologi diampu oleh Drs. Kukuh Munandar, M.Kes. Dalam setiap pembelajaran kewirausahaan Biologi, Pak Kukuh, sapaan beliau selalu memotivasi mahasiswa untuk selalu bisa membaca peluang bisnis. Mahasiswa alumni Pendidikan Biologi FKIP Unmuh Jember tidak boleh berpangku tangan menunggu lowongan kerja. Oleh sebab itu, mata kuliah ini merupakan bagian dari startegi Program Studi untuk bisa menyiapkan mahasiswa pendidikan Biologi yang cakap dan mampu bersaing di dunia kerja. Kegiatan expo atau pameran di buka oleh ketua prodi pendidikan biologi ibu Novy Eurika, S.Si., M.Pd. di lobi Fkip Unmuh Jember tgl 25 juli 2016. Dalam sambutannya, ia menyatakan memang mata kuliah kewirausahaan ini merupakan mata kuliah pilihan yang dimunculkan untuk memberikan kompetensi tambahan. Hal ini bertujuan untuk mampu mencapai profil lulusan sebagai enterpreneur di bidang Pendidikan Biologi. Mata kuliah ini tentu sangat memberikan pengalaman menarik kepada mahasiswa. Terbukti mahasiswa mampu membuat berbagai produk panganan, desain baju, dan sampai merambah penggunaan teknologi informasi dalam membaca peluang bisnis. Terima kasih kepada Pak Kukuh Munandar, yang telah membimbing mahasiswa untuk bisa memaperkan produk kreatif yang bisa dikembangkan menjadi salah satu pekerjaan yang bisa dilakukan mahasiswa, sekarang atau pun setelah lulus nanti. Selamat berkreasi, anak-anakku, sukses selalau untukmu. Begitu tegas Bu Novi, Ketua Program Studi Pendidikan Biologi di akhir sambutannya yang sekaligus membuka acara Enterpreuner Expo Biologi 2016. Kegiatan Ekpo ini menarik perhatian mahasiswa di Program Studi lainnya di Gedung Alfanani, Unmuh Jember. Bahkan beberapa dosen tampak melihat-melihat, mencicipi, dan memborong produk yang dihasilkan oleh mahasiswa. Salah seorang pengunjung menyatakan, kegiatan ini merupakan kegiatan kreatif yang harus terus dikembangkan agar mahasiswa bisa membaca peluang bisnis dan mampu bekerja sebagai pengusaha. Tampak, dekan Psikologi, Ibu Nur Aini juga memberikan apresiasi kepada mahasiswa, dengan menanyakan komposisi produk yang ditampilkan. Selamat untuk kalian semua, mahasiswa dan dosen di Program Studi Pendidikan Biologi.

Halaman 1 dari 2

Hubungi Kami

Address :

Jl. Karimata No. 49 Jember - Jawa Timur - Indonesia

Phone & Fax :

(0331) 336728 | 337957

Email :

kantorpusat@unmuhjember.ac.id

Please publish modules in offcanvas position.