Pendidikan Matematika UM-Jember

 

Oleh: Visi Budi Kusuma

 

 

        Matematika merupakan salah satu pengetahuan manusia yang paling bermanfaat dalam kehidupan. Hampir setiap bagian dari hidup mengandung matematika sehingga manusia membutuhkan pengalaman yang tepat untuk bisa menghargai kenyataan bahwa matematika adalah penting dipelajari untuk kehidupan sehari-hari.

        Pendidikan Matematika Universitas Muhammadiyah Jember dibentuk untuk turut membantu permasalahan yang sudah atau sedang dialami siswa di sekolah. Pendidikan Matematika UM-Jember berusaha untuk memperbaikinya dengan cara mencetak generasi, tenaga pengajar yang mampu mencetak generasi yang dapat bersaing dengan dunia luar, yang dapat menguasai dunia melalui matematika.

Adapun visi misi dan tujuan FKIP Universitas Muhammadiyah Jember adalah:

   Visi

"Menjadi fakultas yang unggul dan menjadi rujukan dalam bidang kependidikan dan pengajaran yang bernafaskan nilai-nilai keislaman"

   Misi

1.      Menyelenggarakan pendidikan dan pembelajaran di fakultas yang berpusat pada peserta didik, menggunakan pendekatan pembelajaran yang efektif dan mengoptimalkan pemanfaatan teknologi bernafaskan nilai-nilai keislaman.

2.      Menyelenggarakan penelitian dalam ilmu kependidikan, ilmu pengetahuan, teknologi, ilmu sosial budaya, seni yang temuannya bermanfaat bagi pengembangan ilmu dan kesejahteraan masyarakat bernafaskan nilai-nilai keislaman.

3.      Menyelenggarakan pengabdian pada masyarakat yang berorientasi pada pemberdayaan masyarakat melalui penerapan ilmu kependidikan, ilmu pengetahuan, teknologi, ilmu sosial budaya, dan seni bernafaskan nilai-nilai keislaman.

4.      Menyelenggarakan tata pamong fakultas yang otonom, akuntabel, dan transparan yang menjamin peningkatan kualitas berkelanjutan bernafaskan nilai-nilai keislaman.

5.      Bekerjasama dengan lembaga-lembaga pendidikan baik swasta maupun negeri dalam rangka pengembangan ilmu dalam bidang penelitian, seni dan budaya melalui kegiatan-kegiatan yang diselenggarakan antar sinergi fakultas dan lembaga yang tertuang dalam kerjasama.

 

Tujuan  Fakultas Keguruan dan Ilmu  Pendidikan:

1.      Menghasilkan lulusan yang kompeten di bidang pendidikan dan pengajaran serta berkarakter Islami.

2.      Menghasilkan penelitian dalam bidang pendidikan dan pengajaran serta menjadikan FKIP Universitas Muhammadiyah Jember sebagai pusat dan rujukan penyelenggaran pendidikan, pengembangan ilmu pendidikan dan pengajaran sesuai dengan nilai-nilai Keislaman.

3.      Menghasilkan pengabdian pada masyarakat yang bernafaskan nilai-nilai keislaman dalam bidang pendidikan dan pengajaran berdasarkan pengembangan ilmu pengetahuan, social dan budaya untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat.

4.      Menghasilkan tata kelola fakultas yang otonom, akuntabel, dan transparan yang menjamin peningkatan kualitas berkelanjutan bernafaskan nilai-nilai keislaman dalam bidang tata kelola.

5.      Menghasilkan inovasi dalam bidang pendidikan dan pengajaran melalui kerjasama dalam penelitian bidang pendidikan dan pengajaran.

        Dalam belajar matematika, tidak hanya menekankan satu aspek saja,  misalnya menghitung. Di Universitas Muhammadiyah Jember juga dipelajari tentang model pembelajaran matematika. Model pembelajaran matematika yang baik harus bisa membentuk logika berfikir bukan sekedar pandai berhitung. Karena berhitung dapat dilakukan dengan alat bantu seperti kalkulator, komputer, dll. Namun dalam menyelesaikan masalah perlu logika berfikir dan analisis.

        Matematika sendiri pada dasarnya mengajarkan logika berfikir berdasarkan akal dan nalar. Namun, sifat umum matematika itu abstrak dan tidak nyata karena terdiri atas simbol-simbol. Sehingga secara natural model pembelajaran matematika yang baik adalah secara nyata dengan melihat, merasakan, dan melakukan dengan tangan para siswa. Atau secara konsep bisa diajarkan dengan cara dilihat, dipegang dan dimainkan, digambar, diucapkan, lalu ditulis.

        Pendidikan juga merupakan sarana terpenuhinya proses belajar mengajar. Tanpa pendidikan manusia tidak mampu mengembangkan fitrahnya sebagai insan pedagogik yang perlu didik dan mendidik. Namun, suatu pendidikan akan mempunyai mutu yang tinggi apabila guru mempunyai mutu yang tinggi pula,sedangkan mutu guru sangat ditentukan oleh pemahamannya tentang metode yang diterapkan dalam pembelajaran materi matematika. Di pendidikan Matematika UM-Jember ini dikembangkan tentang  pendidikan matematika. Pendidikan matematika merupakan suatu proses penyusunan pendidikan matematika itu sendiri. Bersamaan dengan prinsip dan pendekatan, pendidikan matematika juga memiliki model pengembangan yang diarahkan untuk mencapai tujuan pendidikan nasional, yang sesuai dengan pancasila dan UUD 1945.

        Pendidikan matematika UM-Jember adalah salah satu tempat mencetak tenaga pengajar yang dapat merubah anak-anak Indonesia menjadi anak-anak yang unggul. Sesuai dengan tujuan nasional, untuk turut mencerdaskan kehidupan bangsa yang telah tercantum pada UUD 1945.

        Di pendidikan UM-Jember banyak sekali kegiatan yang dapat meningkatkan mutu pendidikan, misalnya adalah seminar matematika. Seminar matematika ini mengangkat tema “Integrasi Matematika dan Al-Quran untuk Membentuk Pendidikan Berkarakter Islami”. Seminar ini diisi oleh Dr.Abdussakir (Kaprodi Magister UIN Maliki-Malang). Seminar ini diikuti oleh seluruh mahasiswa matematika UM-Jember, tamu undangan dari SMA/MA wilayah Jember, dan mahasiswa dari universitas lain. Tujuan diadakan seminar ini selain meningkatkan wawasan peserta dalam ilmu matematika, juga dapat mengetahui bahwasanya ilmu matematika juga terdapat dalam Al-Qur’an. Banyak sekali materi dalam Al-Quran yang juga dipelajari di matematika. Misalnya tentang pola bilangan, bilangan cardinal dan lain sebagainya.

        Tidak hanya seminar saja, FKIP Matematika UM Jember juga ikut berpartisipasi dalam ON-MIPA PT yang di laksanakan di Kediri, tepatnya di Institut Ilmu Kesehatan Bhakti Wiyata. ON-MIPA dilaksanakan 2 hari berturut-turut, mulai tanggal 26-27 Maret 2019. FKIP Matematika UM-Jember mendelegasikan 3 mahasiswa sebagai perwakilannya. 3 mahasiswa tersebut bersaing melawan 258 peserta dari berbagai universitas-universitas lain yang tersebar di wilayah VII (Jawa Timur).

Prestasi pendidikan matematika Universitas Muhammadiyah Jember juga tida perlu dipertanyakan lagi. Banyak sekali penghargaan yang telah diraih oleh pendidikan UM-Jember ini. Awal tahun 2019, pendidikan matematika telah meraih silver medali dala ajang i-fog yang dilaksanakan di Malaysia. Lomba ini diwakili oleh 3 mahasiswa dari semester 6 dan semester 2.

        Dalam dunia pendidikan, antara pendidik dan siswa berperan aktif dalam melaksanakan proses pembelajaran. Baik inter maupun eksternal. Di UM-Jember juga terdapat wadah untuk mahasiswa untuk menyalurkan minat dan bakatnya. Misalnya, di prodi Matematika Universitas jember terdapat organisasi aktif yang dinamakan dengan HIMATIKA INTEGRAL. Himatika adalah singkatan dari Himpunan Mahasiswa Matematika, dan Integral mempunyai arti anti turunan, yang diharapkan dapat terus meningkatkan baik dari segi anggota maupun prestasinya. Himatika Integral diisi oleh mahasiswa dari prodi matematia. Himatika Integral mempunyai banyak proker sesuai dengan bidang-bidang yang teradapat didalamnya. Terdapat 5 bidang di Himatika Integral, yaitu bidang ketaqwaan, bidang keilmuan, bidng infkom, bidang eksternal dan bidang pengembangan. Setiap bidang mempunyai fungsi, tugas dan proker masing-masing.

a.       Bidang ketaqwaan, bertugas memantau kegiatan mahasiswa agar tidak melenceng dari tuntunan agama, menjalankan kebaikan dan menjauhi keburukan (amar maruf nahi munkar). Proker dari bidang ketaqwaan ada jumat beramal, lomba tahfidz se-FKIP UM-jember dan lain-lain.

b.      Bidang keilmuan, bertugas membantu mahasiswa dalam belajar, menampung hasil diskusi didalam perkuliahan dan juga menyalurkan ilmu. Proker bidang keilmuan yaitu SNF (Smart and Fast) yang diadakan setiap tahun, dan rumah belajar.

c.       Bidang infokom. Sesuai dengan namanya, bidang ini berkecimpung didunia TI dan bertugas untuk menyalurkan berbagai informasi yang ada di Himatika, Ikahimatika, dan Prodi Matematika agar tersampaikan secara baik.

d.      Bidang eksternal, bidang ini mempunyai proker yaitu KWU (kewirausahaan), anjangsana, dan milad Himatika Integral.

e.       Bidang pengembangan, bertugas untuk menyaluran dan mengembangkan bakat minat mahasiswa. Proker bidang pengembangan yaitu upgreading, MOK dan lain sebagainya.

 

Dokumentasi proker himatika

 

 

 

Hubungi Kami

Address :

Jl. Karimata No. 49 Jember - Jawa Timur - Indonesia

Phone & Fax :

(0331) 336728 | 337957

Email :

kantorpusat@unmuhjember.ac.id

Please publish modules in offcanvas position.